Momon

Momon punya warna dominan kuning. Ekornya seperti ekor babi yang melingkar kaku di bagian ujung. Bulunya lebih panjang dari kebanyakan kucing-kucing kampung lainnya. Keturunan dari seekor anggora atau persia yang apes kawin dengan kucing kampung.

Matanya lancip, kuning dengan lingkar paling luar biru. Bila kuning dominan, artinya sedang lapar. Bila biru dominan, artinya sedang senang bercanda. Tapi bila bercampur keduanya, Momon sedang tak suka dengan kegelisahan.

Makannya beragam. Mulai sarden campur nasi, cue campur nasi, sampai tulang ayam, dia suka. Tapi belakangan, momon lebih suka makan tulang ketimbang nasi. Karena pengaruh usia. Mungkin dia ingin membuktikan pada kucing lainnya, kalau taring sudah bisa digunakan. Atau sebagai pejantan yang mampu memburu binatang kecil; kecoa, cicak. Bila makan tulang, selalu bunyi gemelutuk. Sengaja, untuk cari perhatian.

Momon suka berak sembarang. Sebulan lalu, saat dipungut dekat pasar, ia masih rajin berak di kamar mandi. Tapi belakangan, suka mencari pojokan kumuh untuk buang hajat. Baunya bikin pusing. Menghindar tak bisa. Mau tak mau mesti dipungut secara manual.

Kotoran Momon itu jahat, mengandung toxoplasma. Parasit di kotoran, yang bisa menyerang organ reproduksi manusia. Perpindahan parasit itu lewat makanan. Jadi, jangan sekali-sekali mengaduk kotoran kucing dengan nasi atau lauk pauk. Tapi tak sampai seperti itu, yang penting selalu jaga kebersihan. Cuci tangan sebelum makan atau jangan makan daging mentah.

Sekarang usia Momon mungkin baru tiga bulan. Sudah mulai biasa dikeluarkan saat pagi-siang-sore untuk buang kotoran.

Momon masih anak-anak. Tiap hari, kerjanya makan, tidur sepanjang siang dan malam. Lalu makan lagi. Sesekali bercanda dengan kabel-kabel di belakang televisi.

Bersambung…

Salam Damai dari Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: