Inikah Jihad Individu?

Bripda Yudistira dan Briptu Andi menghembuskan napas terakhir, saat berada di depan Kantor BCA, Jalan Emi Saelan, Palu. 25 Mei, tubuh dua polisi muda, penuh lubang peluru. Mereka tumbang, pasca empat orang bersepeda motor tiba-tiba mengeluarkan senjata api dan melepaskan tembakan. Sementara, seorang polisi lainnya yakni Bripda Dedy Edwar luka parah. Para pelaku menembak dan lari tanpa ragu.

Beberapa hari kemudian, dua pelaku ditangkap polisi saat razia lalu lintas. Lalu, dua pelaku lainnya ditembak mati, karena diduga melawan. Dari sejumlah penggeledahan di rumah para pelaku, ditemukan bahan peledak dan senjata api laras panjang. Menurut polisi, ini kriminal luar biasa, meski belum dirilis motiv di balik penembakan anggota polisi.

Awal bulan ini, penembakan terhadap anggota polisi kembali terjadi. Rabu dini hari, Aipda Sugiyantoro dan Bripka Nuh Suryadi memeriksa sebuah mobil Kijang Innova yang diparkir membelakangi toko ‘Ongko Mulyo’, Jl Mes AL, Kp Ranggon Jatisampurna, Bekasi. Saat mendekati mobil, tiba-tiba, sekitar 10 orang memberondong anggota dari balik mobil. Aipda Sugiyantoro tewas seketika saat peluru menembus bawah mata dan kepalanya. Pelaku masih dikejar dan belum tampak motiv penembakan.

Dua kejadian, dengan waktu tak terpaut jauh terjadi. Sekelompok orang menembak polisi. Tindakan ini, bisa dikatakan bukan kriminal murni. Tak ada yang dicuri atau pun dendam pribadi. Polisi menduga para penembak, ini merupakan jaringan teroris karena dari kejadian di Palu, polisi temukan bahan peledak. Sementara di bekasi, senjata api laras panjang yang digunakan. Senjata api laras panjang sangat jarang digunakan perampok atau pembunuh.

Pada bulan April lalu, Muhammad Syarif melakukan bom bunuh diri menjelang salat Jumat (15/4) di Mesjid Az-Zikro, Mapolres Cirebon sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu pelaku mendekat ke posisi Kapolres Cirebon, AKBP Herukoco yang saat salat berdiri di baris nomor dua bagian depan. Bom ditaruh pelaku di sebelah kanan perut pelaku, maka saat meledak tersangka tewas yang hancur bagian perutnya. Serangan individu untuk menghancurkan orang-orang yang mereka anggap ‘musuh’.

Inikah Himbauan Jihad Individu?

Jaringan Al-Qaeda merilis video berdurasi 100 menit, yang diproduksi pasca kematian Osama bin Laden. Dalam video tersebut Al Qaeda menyerukan tindakan jihad secara individual.

Dalam video itu, orang nomor dua Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri dan Adam Gadahn menyatakan muslim yang tinggal di Barat berperan penting untuk berjihad melawan Zinonis dan Tentara Salib. Muslim yang tinggal di Amerika, mudah mendapatkan senjata serbu otomatis tanpa teridentifikasi. Hal ini berdasarkan transkrip video dari Layanan Situs Monitoring Amerika. Video ini diproduksi oleh media Al-Qaeda, As-Sahab dengan judul Anda Bertanggung Jawab untuk Diri Sendiri. Ini telah diposting di forum Web pada Kamis, dan dibuka dengan cuplikan lama Osama duduk di samping Al-Zawahiri memberikan pidato yang mengkritik Barat pendudukan tanah Muslim.

Teror Bom Pasca Nurdin M. Top

Tak seperti aksi-aksi teror bom terdahulu; Bom Bali 1 dan 2, Kedutaan Malaysia, JW Marriot dll. Aksi-aksi tersebut terjalin satu sama lain. Saat itu, Gembong Teroris Nurdin M. Top belum ditangkap/tewas. Serentetan penangkapan terjadi, bahkan pengungkapan latihan semi-militer di Aceh sebagai persiapan tempur. Memperjuangkan penegakan Negara Islam.

Namun, melihat beberapa kejadian belakangan, para jejaring teroris telah melepas diri. Menyebar. Berjuang seorang sendiri layaknya serigala kesepian. Langkah ini seperti jawaban terakhir untuk berjihad. Lebih agresif dan nekat untuk bertindak.

Korban-korban sudah bergelimpangan, tua-muda tak bersalah. Mati atau terluka akibat jihad yang dipahami sebagai perang berdarah. Meledakan diri atau menembaki orang hingga mati. Tapi, jihad individu itu tidak seperti itu. Jihad individu adalah melawan diri sendiri. Melawan niat jahat.

Salam Damai dari Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: