Jangan Lama-lama, Nanti Nazaruddin Masuk Angin

Senin sore (08/08), Menkopolhukam Djoko Suyanto mengungkapkan Nazaruddin sudah ditangkap di Kolombia. Sampai sekarang, kepulangan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu, belum bisa dipastikan. Kementrian Luar Negeri menyatakan proses pemulangan Nazar butuh waktu. Berapa lama? Tidak jelas!

Tak seperti buronan korupsi lainnya, buronan yang satu ini cukup unik, karena dia berani menuding pejabat KPK atau sejumlah tokoh Partai Demokrat terlibat kasus korupsi. ‘Nyanyian’ dari persembunyian tentu membuat orang-orang yang dituding Nazar cemas dan gelisah. Tanpa bukti, Nazar mengungkap konspirasi pejabat KPK dengan Ketum PD Anas Urbaningrum untuk merekayasa kasus wisma atlet SEA Games di Palembang. Dalam konspirasi, disepakati kasus ini hanya cukup sampai Nazaruddin sebagai otak pelaku. Balasannya, sejumlah pejabat KPK akan diloloskan PD jadi pimpinan KPK periode berikutnya.

Terkait kasus ini, bukti dari meja hijau menyebutkan Nazaruddin sebagai pelaku utama kasus suap wisma atlet. Bukti tersebut berasal dari Mindo Manulang, orang kepercayan Nazar terdahulu.

Tapi, bukti tersebut disangkal Nazaruddin. Dari persembunyian, Nazar menyatakan Anas Urbaningrum sebagai otak suap wisma atlet. Tak tanggung-tanggung, Nazar juga menuding Anas menikmati proyek tersebut sebanyak Rp 7 miliar.

Siapa yang benar?

Keterangan di meja hijau, baik itu berupa pernyataan, bisa dijadikan bukti yang sah. Kini, tinggal menanti si Nazar kembali ke tanah air, supaya kebenaran tersebut bisa diuji melalui meja hijau.

Akan tetapi kembali lagi kepada ketidakjelasan waktu pemulangan Nazar ke tanah air. Selama Nazar masih di luar negeri kemungkinan kasusnya akan masuk angin akan semakin besar. Apalagi, sampai saat ini tak ada keterangan resmi, atau pun kejelasan keberadaan Nazar di luar negeri. Publik bisa curiga, apakah sangat sulit memulangkan Nazar dari Kolombia, bila negara tersebut sudah punya kerjasama interpol? Atau Nazaruddin memang sengaja ditahan berlama-lama di luar negeri, agar dia bisa disetting untuk tidak bermacam-macam lagi bila sampai di tanah air? Semuanya serba mungkin. Tapi kini yang dibutuhkan adalah keterbukaan dan kejelasan soal keberadaan Nazar dan dengan siapa saja dia didampingi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: