Spesial Penyet Buatan Cak Mamenk

cak mamenk

cak mamenk

Satu lagi, tempat makan yang bisa direkomendasikan di kota Kuliner, Depok, Jawa Barat. Spesial penyet Cak Mamenk, berada di nomor 468 atau sebelah gedung salon Annifah jalan Margonda Raya.

Menu yang disajikan Cak Mamenk beragam. Mulai dari bebek, ayam, rawon sampai bakso. Tapi keberagaman menu yang ditawarkan, kebanyakan makanan ini disajikan dengan cara penyet. Ini yang unik. Rumah makan yang banyak menyediakan makanan dengan cara masak ‘dipenyet’.

Bukan soal makanannya, tapi harga makanan di sini juga di’penyet’kan. Harganya standar makan di pinggir jalan. Khusus buat mahasiswa/pelajar dapat diskon 10 persen tiap pembelian minimal Rp. 50.000. Caranya, cukup menunjukkan KTM kepada kasir.

Kebanyakan makanan yang ditawarkan di sini berupa paketan. Misal paket ayam penyet, nasi, tempe dan es teh manis dipatok dengan harga RP 14500-16000. Sementara, untuk bebek harga paketan tadi ditambah Rp 7 ribuan.

Soal Rasa

Kebetulan saya pesan dan menikmati menu paketan ayam penyet. Menu paketan ini disajikan pada dua piring. Satu piring khusus nasi. Lainnya; ayam, tempe-tahu, sambal dan lalapan.

Rasa ayam penyet yang disajikan cukup enak. Guring dan bumbu meresap sampai ke tulang ayam. Itu sebabnya, pada bagian dada, saya hanya sisakan tulang besar. Sisanya habis, karena mengundang lidah untuk terus mengecap, dan gigi untuk mengunyah.

Selain itu, sambal yang disajikan bersama ayam sebanyak 3-5 sendok makan. Cukup banyak untuk porsi makan sendiri. Tidak terlalu pedas, karena mungkin sambal ulak ini lebih dominan cabe besarnya atau tomat. Sementara, terasi yang digunakan gurih luar biasa. Sambal ini begitu sempurna bila dimakan bersama ayam penyet.

Menikmati ayam penyet di Cak Mamenk berasa khusyuk. Pasalnya, tempatnya bersih. Tertutup dari debu jalanan. Ruangannya, menggunakan pendingin ruangan dengan sejumlah papan larangan merokok. Sementara, cahaya di tempat makan terang, karena depan semua jendela dengan kaca tembus pandang. Memudahkan cahaya matahari masuk.

One response to this post.

  1. empal penyetnya juga enak…empuk dan gurih *mendadak laper*

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: